Menurut teori pembelajaran Vygotsky, model pembelajaran kooperatif (atau bisa dibilang juga peer learning) adalah penekanan pembelajaran dengan model dialog yang dilakukan secara interaktif berbasis sosial. Keterlibatan learner lain membuka kesempatan bagi learner untuk mengevaluasi dan memperbaiki pemahaman dalam proses belajar. Peer helper merupakan learner yang mempunyai pengetahuan lebih yang mampu dan bersedia untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada learner lain. Peer learning ini juga dapat dilakukan secara online, melalui suatu forum diskusi layaknya MOOC. Namun untuk menentukan siapa yang layak menjadi kandidat peer helper masih menjadi masalah utama. Tugas akhir ini menjelaskan tentang sebuah sistem untuk mengklasifikasi learner yang cocok menjadi kandidat peer helper dengan menggunakan metode KNN. Peer helper yang direkomendasikan diperoleh berdasarkan hasil klasifikasi peserta didik yang memiliki label untuk direkomendasikan menjadi peer helper. Uji coba menggunakan data hasil aktivitas learner dalam forum pembelajaran online dan dari data tersebut diterapkan metode KNN untuk mengklasifikasi learner yang cocok menjadi peer helper. Hasil dari uji coba didapat bahwa penggunaan KNN meningkatkan akurasi klasifikasi sebesar 0.20% dengan hasil 85.71%.