ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh digital marketing melalui Instagram terhadap brand awareness Asia Catering. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Instagram diterapkan perusahaan tersebut dan besarnya pengaruh digital marketing melalui Instagram terhadap brand awareness di Asia Catering Bogor.
Digital marketing merupakan sebagai media promosi bertujuan untuk menyampaikan atau menyebarluaskan atau memasarkan tentang suatu produk sehingga dapat memengaruhi konsumen untuk membelinya. Kegiatan promosi dapat dilakukan lewat beriklan di media massa, face to face, promosi, door to door dan sebagainya.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, Instagram pada Asia Catering Bogor dalam kategori baik sebanyak 82,3%, brand awareness pada Asia Catering Bogor dalam kategori baik sebanyak 82,5%, dan Instagram berpengaruh secara positif terhadap brand awareness. Hasil pengujian hipotesis Instagram berpengaruh signifikan terhadap brand awareness Asia Catering Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (7,538 > 1,660) dengan tingkat signifikannya 0,0001 < 0,05. Berdasarkan koefesien determinasi Instagram berpengaruh terhadap brand awareness sebesar 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Instagram, Brand Awareness, Digital Marketing