Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Falsafah Hidup Suku Lampung Melalui Cerminan Kehidupan Tokoh Raden Intan II

RAHMAT PANJI WIRAYUDHA

Informasi Dasar

70 kali
19.04.2146
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini telah banyak remaja dilampung belum mengetahui atau menerapkan tentang falsafah hidup suku Lampung. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran tentang falsafah tersebut yang kurang interaktif, seperti hanya melalui buku pelajaran disekolah. Sehingga sulit untuk membangun ketertarikan agar remaja mau mempelajarinya. Oleh sebab itu, pada penelitian kali ini mencoba memberikan alternatif media pembelajaran yaitu aplikasi game. Karena menurut Morgan (2014) aplikasi game efektif dalam menyampaikan dan menggambarkan narasi dengan jelas dan menarik. Sehingga pada penelitian kali ini dilakukan perancangan sebuah aplikasi game sebagai sarana edukasi dalam penyampaian narasi tentang nilai-nilai yang terdapat dalam falsafah hidup suku lampung lewat cerita tokoh Raden Intan II. Selanjutnya, setelah melakukan Analisa melalui metode kualitatif, melakukan pengumpulan data yaitu kuisioner, observasi, hingga wawancara terhadap calon masyarakat sasaran. Maka aplikasi game ini menjadi tepat sebagai alternatif media pembelajaran karena media yang dipilih dekat dengan kehidupan jaman sekarang. Remaja yang telah menggunakan ini akan memiliki alternatif media yang lebih interaktif dibandingkan yang sudah ada saat ini, maka harapannya para remaja di Lampung khususnya akan lebih mudah memaknai dan memahami. Kata Kunci : Falsafah hidup, Media Interaktif, Aplikasi Game, Raden Intan II.

Subjek

GRAPHIC DESIGN
 

Katalog

Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Falsafah Hidup Suku Lampung Melalui Cerminan Kehidupan Tokoh Raden Intan II
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMAT PANJI WIRAYUDHA
Perorangan
DIMAS KRISNA ADITYA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • GDH3B5 - DESAIN GRAFIS 3 (CORPORATE IDENTITY)
  • GDH4C5 - DESAIN GRAFIS 5 (PRODUK DEVELOPMENT & BRAND BUILDING)
  • VDH1N2 - ESTETIKA
  • GDH3D3 - ILUSTRASI LANJUT
  • GDH3C3 - KOMPUTER GRAFIS LANJUT
  • GDH2M2 - PENGANTAR BRANDING
  • GDH3E3 - PRODUKSI GRAFIKA
  • GDH2F3 - TIPOGRAFI LANJUT
  • CIH4A6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI
  • GDH3L3 - VISUAL INTERFACE DESIGN
  • DGI3F3 - PRODUKSI GRAFIKA
  • DGI4I3 - PENGANTAR BRANDING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini