Pengembangan Simulasi Roller Coaster Berbasis Realitas Virtual Untuk Mengidentifikasi Cybersickness dan Mengurangi Efeknya

YOGA WAHYU YUWONO

Informasi Dasar

107 kali
19.06.244
005.36
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Barret, Brooks, dan Wiederhold telah menunjukkan bahwa penghalang terbesar dalam penggunaan virtual reality adalah cybersickness. Cybersickness adalah serangkaian gejala yang tidak menyenangkan, seperti kelelahan mata, sakit kepala, mual atau bahkan muntah, yang disebabkan oleh paparan lingkungan virtual dan dapat berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa hari. Menurut Rebenitsch and Owen, menjelaskan bahwa diiperkirakan sekitar 20% hingga 80% dari total populasi mengalami cybersickness sampai batas tertentu. Berdasarkan masalah-masalah ini simulasi roller coaster virtual reality dikembangkan untuk mencari tahu atau mengidentifikasi apa yang menyebabkan cybersickness, dan bagaimana cara mengurangi efeknya. Simulasi ini menampilkan area roller coaster yang mengikuti alur trek. Kemudian ada pengaturan dalam simulasi untuk mengurangi efek cybersickness dengan beberapa metode yang diterapkan, dan diharapkan pengguna dapat menjalankan simulasi lebih lama. Untuk mengurangi efek cybersickness terdapat 6 metode yang diterapkan yaitu menambahkan visible path, mengecilkan sudut pandang, meningkatkan fps, memakai gelang anti mual, menggunakan kipas angin, dan meminum obat dimenhydrinate. Berdasarkan hasil pengujian, simulasi roller coaster terbukti dapat mengidentifikasi cybersickness, kemudian semua metode juga terbukti dapat mengurangi efek cybersickness dan metode terbaik untuk mengatasi efeknya adalah dengan obat Dimenhydrinate.

Kata kunci: realitas virtual, cybersickness, simulasi, roller coaster

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

Pengembangan Simulasi Roller Coaster Berbasis Realitas Virtual Untuk Mengidentifikasi Cybersickness dan Mengurangi Efeknya
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOGA WAHYU YUWONO
Perorangan
FAT'HAH NOOR PRAWITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • DIG2B3 - MULTIMEDIA DASAR
  • DCG3F3 - MULTIMEDIA TERAPAN
  • DPH3B4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini