Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu usaha mandiri yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan perekonomian suatu negara khusunya Indonesia. UMKM memiliki potensi yang sangat tinggi dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi. UMKM Snack Masa Kini merupakan sebuah perusahaan yang berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang bergerak dibidang kuliner dan menjadi brand keripik pedas yang jadi pelopor makanan ringan pedas di Bandung, Jawa Barat. UMKM Snack Masa Kini didirikan pada pertengahan tahun 2010. UMKM Snack Masa Kini sudah memiliki hak merk dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 30 Mei 2011. UMKM Snack Masa Kini telah memperoleh izin Dinas Kesehatan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), serta mendapat LP POM MUI untuk sertifikat halal. Pada awal didirikan, pemilik UMKM Snack Masa Kini tidak memiliki strategi khusus terkait produknya. Pemilik hanya fokus memproduksi dan menjual kripik pedas seunik dan sekreatif mungkin. Untuk dapat memanfaatkan peran teknologi secara maksimal sehingga selaras dengan proses bisnis yang berjalan, maka perlu dilakukan perancangan Enterprise Architecture (EA) sebagai bentuk transformasi digital UMKM.
Dalam perancangan enterprise architecture akan lebih efektif apabila mengikuti suatu framework. Perancangan EA di dalam penelitian ini menggunakan framework TOGAF ADM, meliputi fase preliminary phase, Phase A: Architecture Vision, Phase B: Business Architecture, Phase C: Information System Architecture, dan Phase D: Technology Architecture.
Hasil dari perancangan EA ini adalah berupa Blueprint Enterprise Architecture UMKM Snack Masa Kini yang merupakan Company Specific Architecture dan Blueprint Enterprise Architecture UMKM Industry Specific. Dari hasil analisis dan perancangan yang telah dibuat diharapkan dapat menjadi panduan dalam pengembangan transformasi digital pada UMKM.
Kata kunci: Usaha Mikro Kecil dan Menengah, UMKM Snack Masa Kini, Enterprise Architecture, Transformasi Digital, TOGAF ADM.