Strategi dynamic pricing adalah strategi penentuan harga yang sering
diterapkan oleh hotel untuk memaksimalkan pendapatan perusahaan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk memberikan usulan kebijakan penentuan harga sesuai
dengan model dynamic pricing. Penelitian ini menyediakan model dynamic pricing
yang telah disesuaikan dengan permasalahan yang ada di hotel dengan berbagai
jenis kamar.
Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, tahap pertama adalah meramalkan
demand untuk masa yang akan datang. Tahap yang kedua adalah menerapkan
revenue management tools yaitu dynamic pricing untuk memodelkan pengaruh
harga terhadap permintaan. Harga berubah secara dinamis berdasarkan jumlah
permintaan yang ada. Tahap ketiga adalah menggunakan pendekatan nonlinear
programming untuk memaksimalkan pendapatan. Parameter peramalan dan model
dynamic pricing diestimasi menggunakan data penjualan historis salah satu hotel di
Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
Hasil usulan kebijakan penetapan harga jenis kamar superior dan deluxe
dapat meningkatkan pendapatan 27% lebih besar dari kebijakan harga existing.
Kebijakan penentuan harga yang diusulkan mampu melengkapi kekosongan
metode dalam menentukan harga. Selain itu, hasil penelitian ini memberikan tarif
kamar yang optimal setiap harinya sepanjang horizon perencanaan.