Analisis Sentimen Kepuasan Pelanggan Terhadap Internet Provider Indihome di Twitter Menggunakan Metode Decision Tree dan Pembobotan TF-IDF

SHAKINA RIZKIA

Informasi Dasar

116 kali
19.04.2441
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor untuk mengukur kesuksesan sebuah layanan pada suatu perusahaan jasa. Kepuasaan pelanggan umumnya digunakan oleh perusahaan jasa sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki layanan yang diberikan. Salah satu cara untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah dengan menggunakan analisis sentimen untuk mengklasifikasikan opini pelanggan terhadap layanan tersebut ke dalam kelas positif, negatif dan netral, sehingga diperoleh seberapa besar pelanggan yang puas terhadap layanan yang diberikan berdasarkan banyaknya opini positif, negatif, maupun netral. Data diperoleh dari tweet tentang opini pelanggan terhadap layanan indihome. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah Decision Tree dengan menggunakan pembobotan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Berdasarkan hasil eksperimen, didapatkan akurasi maksimal sebesar 80,1 % dengan menggunakan bigram dan pembobotan TF-IDF.

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

Analisis Sentimen Kepuasan Pelanggan Terhadap Internet Provider Indihome di Twitter Menggunakan Metode Decision Tree dan Pembobotan TF-IDF
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHAKINA RIZKIA
Perorangan
Erwin Budi Setiawan,Diyas Puspandari
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CNH4E3 - DATA MINING
  • CNH4G3 - MACHINE LEARNING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini