EFEKTIVITAS IKLAN JASA PAIDPROMOTE PADA FOLLOWERS AKUN TUMBLER LINE@ INDONESIA MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX KONSEP AISAS

DIPTA RAGA PRATAMA

Informasi Dasar

124 kali
19.04.2449
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi pada era modern saat ini menjadikan komunikasi sebagai alat yang mempermudah masyarakat untuk membagikan informasi dalam waktu yang relatif singkat. Penggunaan alat komunikasi yang disertai aplikasi media sosial telah dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai sebuah peluang bisnis. Salah satu media yang ramai digunakan untuk berbisnis sebagai media penyebar informasi adalah aplikasi LINE. Tumbler merupakan salah satu akun official LINE dengan jumlah followers besar yang membuka jasa paidpromote bagi para onlineshop yang ingin mempromosikan barang dagangannya. Dalam mempromosikan jasa paidpromote Tumbler mencoba mendesain iklan berbentuk foto testimoni yang disertai dengan caption, pesan tersebut diharapkan memberikan efek bagi para followers akun Tumbler dan mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas iklan jasa paidpromote Tumbler pada followers Tumbler menggunakan metode Customer Response Index (CRI) konsep AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling dengan ditetapkan nya responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui Google Doc atau Google Form yang disebarkan melalui LINE akun Tumbler kepada followers. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan perhitungan Customer Response Index (CRI). Berdasarkan perhitungan CRI hasil penelitian menyatakan bahwa iklan jasa paidpromote Tumbler dinilai belum efektif sampai pada tahap share dengan nilai CRI AISAS sebesar 13,66, CRI AIAS sebesar 18,38, CRI AISS sebesar 20,55, dan CRI AIS sebesar 27,64. Empat kemungkinan model CRI AISAS ini memiki nilai yang rendah. Penyebab rendahnya nilai CRI adalah karena rendahnya dimensi share yang dilakukan oleh followers pada iklan jasa paidpromote Tumbler sehingga menyebabkan dimensi lain menjadi tidak efektif.

Subjek

MARKETING ENGINEERING
 

Katalog

EFEKTIVITAS IKLAN JASA PAIDPROMOTE PADA FOLLOWERS AKUN TUMBLER LINE@ INDONESIA MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX KONSEP AISAS
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIPTA RAGA PRATAMA
Perorangan
Agus Achmad Suhendra, Rio Aurachman
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini