Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia yang memiliki potensi untuk dikembangkan dalam mendukung ketahanan pangan nasional maupun ketahanan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ikan nila memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya namun penduduk Indonesia belum terlalu mengenal kandungan gizi yang didapatnya. Prospek agribisnis ikan nila sangat potensial di Indonesia, hal ini karena konsumsi protein penduduk Indonesia masih rendah. Dengan zaman yang makin berkembang, masyarakat lebih sering ke pasar modern karena lebih nyaman, variatif dan praktis. Namun ikan nila masih jarang ditemui dipasar modern dan masih banyak masyarakat yang belum tahu mengenai informasi gizi yang dimilikinya. Pengemasan dan pemasaran juga berpengaruh agar konsumen memilih ikan nila untuk dikonsumsi. Metode yang dilakukan dengan observasi ke empat pembudidayaan, melakukan wawancara, melakukan studi pusaka, serta menggunakan analisis AISAS sebagai acuan perancangan ini. Berdasarkan pemaparan tersebut dibutuhkan solusi untuk menarik meningkatkan nilai jual suatu produk ikan budidaya dengan branding yang baik dan kemasan yang baik dan unik. Melalui sebuah perancangan identitas dan packaging dari produk ikan budidaya dan diharapkan dapat mengangkat potensi ikan budidaya untuk dikonsumsi dan dikenal.
Kata Kunci : Ikan Nila, Budidaya Ikan, Identitas, Kemasan