Abstrak
Kompas Gramedia menyelenggarakan sebuah event yang lebih dikenal dengan “Back to Campus 2018”. Acara ini diselenggarakan di 8 Kota dengan 8 Universitas yang berada di lokasi berbeda. Yaitu Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, Universitas Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Univerisas Negeri Makassar, Univeristas Negeri Medan, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Udayana Bali. Event tersebut mengambil tema #BeraniBerinovasi yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk mengembangkan dirinya melalui inovasi yang ada pada dalam dirinya. Penelitian ini membahas mengenai Analisis Karakteristik Event Back to Campus 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari satu orang konseptor, lima orang eksekutor, delapan orang informan pendukung yaitu volunter dari setiap Universitas dan satu orang yang ahli dalam bidang event. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakterstik event seperti keunikan, perishability, intangibility, suasana dan pelayanan, serta interaksi personal dari event Back to Campus 2018. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa event Back to Campus 2018 memiliki karakteristik keunikan yaitu adanya konten lokal yang dibawakan pada Kota tertentu, dikarenakan ada nya kesamaan dalam segi fasilitas dan pembicara yang didatangkan mengakibatkan tidak ada nya perishability dalam event ini. Intangibilty atau sesuatu yang dapat diingat dari event ini adalah perjalanan karier pembicara yang dapat memberikan inovasi kepada mahasiswa. Suasana yang diciptakan adalah seminar yang menyenangkan dan tidak membosankan serta suasana yang fokus dan serius. Interaksi personal yang terjalin pada event tersebut adalah, sesi tanya jawab, bernyanyi bersama, berfoto bersama dan games.
Kata kunci: Karakteristik event, Back to Campus 2018, Kompas Gramedia