STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN JERUK LEMON (DEGOMON) DI SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT MENGGUNAKAN METODE MATRIX QSPM

FEBRI HARLEN

Informasi Dasar

122 kali
19.04.2614
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor perkebunan di Indonesia terus berkembang setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Dinas Perkebunan Sumatera Barat, didapat grafik PDB sektor perkebunan terus meningkat. Sumatera Barat merupakan salah satu daerah penghasil jeruk lemon lokal. Usaha agrobisnis perkebunan jeruk lemon merupakan komoditi yang sedang giat dikembangkan di Kota Sawahlunto dan Kabupaten Dharmasraya. Banyaknya manfaat kesehatan dari buah jeruk lemon menggiat kan para petani di Sumatera Barat untuk berkebun jeruk lemon lokal, untuk tahun 2018 perkebunan jeruk lemon mencapai luas 25 hektar. Harlen Group merupakan start up pengolahan jeruk lemon lokal yang berlokasi di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Harlen Group didirikan melihat potensi melimpahnya buah jeruk lemon lokal dan guna membantu para petani lemon lokal di Kota Sawahlunto dan Kabupaten Dharmasraya. Selaku perusahaan yang memproduksi produk olahan jeruk lemon skala rumahan, belum mampu meraih target penjualan setiap bulannya. Untuk meraih target penjualan yang sudah ditetapkan. Harlen Group, perlu menentukan faktor kekuatan dan kelemahan utama dari lingkungan internal perusahaan serta faktor peluang dan ancaman utama dari lingkungan eksternal perusahaan. Keseluruhan faktor-faktor internal dan eksternal juga digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan menggunakan matriks IE (internal, eksternal) dan menjadi bahan pertimbangan dalam membuat beberapa alternatif strategi pemasaran berdasarkan kekuatan,kelemahan perusahaan untuk menghadapi peluang dan ancaman yang ada dengan menggunakan matriks SWOT, dari beberapa alternatif strategi pemasaran hasil matriks SWOT dan ditambah alternatif strategi pemasaran eksisting, maka dipilih strategi terbaik dari hasil analisis menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian didapat kan faktor kekuatan utama internal Harlen Group adalah variasi produk DeGoMon dan kelemahan utama internal Harlen Group adalah pertumbuhan pendapatan. Sedangkan untuk faktor peluang utama eksternal Harlen Group yaitu belum ada pesaing di Sumatera Barat dan faktor utama ancaman Eksternal Harlen Group adalah belum keluarnya izin PIRT. Posisi perusahaan berdasarkan matriks IE berada pada kuadran V atau berada pada posisi Hold and Maintain. Hasil matriks SWOT menghasilkan 10 alternatif strategi pemasaran dan di analisis menggunakan QSPM. Strategi-strategi yang sudah di ranking disesuaikan kembali dengan kesanggupan Harlen Group untuk segera mengimplementasikan strategi yang sudah ada. Pengelompokkan strategi Harlen Group menjadi 2 yaitu strategi utama untuk segera implementasi dan strategi Harlen Group kedepannya. Dari strategi utama atau strategi jangka pendek yang bisa segera di realisasikan oleh Harlen Group, 4 strategi teratas dengan skor TAS tertinggi yaitu menerbitkan izin PIRT untuk memastikan kualitas produk DeGoMon teruji, agar bisa bersaing dengan produk sejenis, kedua bekerja sama dengan warga sekitar untuk menjaga ketersediaan bahan baku jeruk lemon lokal dengan meningkatnya target produksi, ketiga outsourcing SDM yang mumpuni dalam hal desain kemasan dan konten untuk sosial media produk DeGoMon untuk mengoptimalkan penjualan dan promosi lewat sosial media, terakhir memanfaatkan perkembangan internet dengan mendaftarkan produk DeGoMon di market store dan sosial media untuk memperkenalkan dan menjual produk DeGoMon ke masyarakat luas. Keywords: Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Subjek

MARKETING STRATEGY
 

Katalog

STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN JERUK LEMON (DEGOMON) DI SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT MENGGUNAKAN METODE MATRIX QSPM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRI HARLEN
Perorangan
ROSAD MA'ALI EL HADI, M. DELLAROSAWATI I
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IEH3O3 - AKUNTANSI BIAYA
  • HUG1T2 - ANALISIS DAN PENGUKURAN KERJA
  • IEH3I3 - ANALISIS KELAYAKAN USAHA
  • BUG1A2 - BAHASA INDONESIA
  • BUG1D2 - BAHASA INGGRIS I
  • BUG1E2 - BAHASA INGGRIS II
  • IEH4F2 - BAHASA INGGRIS II
  • IE2323 - EKONOMI TEKNIK
  • IEH3E2 - EKONOMI TEKNIK
  • IE3033 - EKONOMI TEKNIK
  • IEG4E2 - KERJA PRAKTEK
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • HUG1I2 - KONSEP PENGEMBANGAN SAINS DAN TEKNOLOGI
  • IEH4ID3 - MANAJEMEN KEUANGAN
  • IE2823 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • IEH4FE3 - MANAJEMEN STRATEGI
  • IEGB13 - MANAJEMEN STRATEGI
  • HUG1A2 - PENDIDIKAN AGAMA DAN ETIKA - ISLAM
  • IEH2K2 - PENGANTAR ILMU EKONOMI
  • HUG1L3 - PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI
  • IEG485 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS I
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH2H3 - PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEG3M1 - PRAKTIKUM PERENCANAAN BISNIS
  • IEH4GA6 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • IEG436 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • IEG2L2 - PSIKOLOGI INDUSTRI
  • IE2443 - REKAYASA PROSES BISNIS
  • IEH4FC3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEGCA3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • IEG4F2 - TUGAS AKHIR 1
  • IEG4H4 - TUGAS AKHIR II
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • DMH1G3 - AKUNTANSI
  • DAH1E3 - AKUNTANSI BIAYA
  • ACH1C4 - AKUNTANSI BIAYA
  • DHH2I2 - AKUNTANSI HOTEL
  • ACH1B4 - AKUNTANSI KEUANGAN I
  • ACH2A3 - AKUNTANSI KEUANGAN II
  • ACH2D4 - AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN I
  • ACH3A4 - AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN II
  • DAH2E3 - AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH
  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • DAH2H3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • BM63O4 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • DAH2I3 - AKUNTANSI ORGANISASI NON PROFIT
  • ACH3B3 - AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK
  • MMDA33 - FINON AKUNTANSI
  • MMDB23 - FINON AKUNTANSI DAN AKUNTANSI DIGITAL
  • EBH0E4 - PENGANTAR AKUNTANSI
  • BAH1F4 - PRINSIP - PRINSIP AKUNTANSI
  • DAH1A4 - PRINSIP AKUNTANSI I
  • DAH1D4 - PRINSIP AKUNTANSI II
  • ISH3F3 - SISTEM AKUNTANSI DAN MANAJEMEN KEUANGAN
  • ACH2F4 - SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
  • DAH3D4 - SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERUSAHAAN
  • ACH3J3 - TEORI AKUNTANSI
  • MMKG22 - GLOBALISASI, MANAJEMEN INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN
  • MMKE12 - INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN
  • TBBT37508 - INOVASI STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • DUH2A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • BAH3F3 - KEWIRAUSAHAAN LANJUTAN
  • MMKD12 - KONSEP DASAR DAN PERKEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN
  • TBBT37507 - PERILAKU KEWIRAUSAHAAN
  • MMKD22 - PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN
  • BM63D4 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • EBI1G4 - PENGANTAR AKUNTANSI
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • EBI3M3 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • VPI1D3 - AKUNTANSI
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • EAI2S3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • EAI2U2 - KEWIRAUSAHAAN
  • EAI4243 - TEORI AKUNTANSI
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • VAI1C4 - PRINSIP AKUNTANSI I
  • VAI1H4 - PRINSIP AKUNTANSI II
  • VAI2E4 - AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH
  • VAI2F3 - AKUNTANSI BIAYA
  • VAI2K3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • VAI3B4 - SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • IEI2C2 - PENGANTAR ILMU EKONOMI
  • IEI2K2 - PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI
  • IEI3G3 - AKUNTANSI BIAYA
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI2I2 - EKONOMI TEKNIK
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEI5T6 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • ISI2L3 - SISTEM AKUNTANSI DAN MANAJEMEN KEUANGAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI13A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • UWI3A2 - KEWIRAUSAHAAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini