Ukuran kinerja layanan merupakan tingkat tercapainya Tujuan layanan yang terkait. Tujuan tersebut dirumuskan dari Requirements dari pengguna layanan. Career Development Center (CDC) Universitas Telkom memiliki enam layanan karir yaitu pembinaan karir, Career Counseling, job Vacancy Information, Job Fair, Campus Recruitment dan Tracer Study. Yang saat ini telah diterapkan sistem pengukuran kinerja baik pada tingkat institusi, unit kerja, proses, maupun individu. Pada tingkat institusi maupun unit kerja struktur komponen ukuran kinerja telah dituangkan dalam Kontrak Manajemen berdasarkan konsep Balanced Scorecard, sedangkan pada tingkat proses indicator penilaian kinerja dirancang berdasarkan kegiatan atau layanan yang terdapat pada CDC. Ukuran kinerja yang telah ada belum memenuhi kriteria indicator kinerja yang baik yaitu SMART, maka dari itu penelitian ini akan dirancang kembali indicator kinerja sesuai dengan kriterianya dengan berfokus pada perspektif customer.
Perancangan ulang KPI ini dimulai dengan identifikasi masing-masing layanan dan kebutuhan customer serta perumusan Tujuan tiap layanan.Tahapan berikutnya dilanjutkan dengan perumusan indicator dan formulanya dan yang terakhir menganalisis tingkat Acceptability oleh pihak CDC.
Hasil dari penelitian ini adalah 17 rancangan Key Performance Indicator untuk total 6 layanan dengan ukuran efektivitas 95% dan efisiensi 85%. Rancangan yang dibuat telah mencakup formula ukuran kinerja untuk setiap indicator yang akan diusulkan kepada pihak CDC Universitas Telkom untuk diterapkan dalam operasionalnya sehingga dapat meningkatkan kinerja di setiap layanan agar dapat memenuhi Tujuan awal dari layanan itu sendiri.