Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Classifier dengan Chi-Square Feature Selection Terhadap Penyedia Layanan Telekomunikasi

AINUN NISA

Informasi Dasar

90 kali
19.04.2852
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendapat masyarakat terhadap penyedia layanan telekomunikasi merupakan sesuatu yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan, baik bagi pengguna maupun pihak perusahaan. Analisis sentimen merupakan bidang studi yang meneliti tentang opini terhadap suatu objek, dimana opini tersebut dapat diklasifikasikan berdasarkan polaritas yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini melakukan klasifikasi menggunakan metode naive bayes terhadap opini masyarakat tentang penyedia layanan telekomunikasi. Dimensionalitas data yang tinggi pada klasifikasi menggunakan naive bayes dapat dikurangi dengan seleksi fitur chi square. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata performansi tertinggi didapatkan oleh klasifikasi menggunakan metode naive bayes dengan seleksi fitur chi square dengan tingkat signifikansi 0,01 yaitu akurasi 85,5%, presisi 83%, recall 86% dan f1-score 84%. Seleksi fitur chi square tidak memberikan perbedaan yang signifikan terhadap klasifikasi menggunakan naive bayes.

Kata kunci : analisis sentimen, naive bayes classifier, chi square

Subjek

Text mining
 

Katalog

Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Classifier dengan Chi-Square Feature Selection Terhadap Penyedia Layanan Telekomunikasi
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AINUN NISA
Perorangan
Eko Darwiyanto, Ibnu Asror
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CCH3F3 - KECERDASAN BUATAN
  • CSH3L3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CSH4O3 - PEMROSESAN BAHASA ALAMI
  • CSH4H3 - PENAMBANGAN TEKS
  • CSH413 - TOPIK KHUSUS 2 SIDE
  • CII3C3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CII4G3 - PEMROSESAN BAHASA ALAMI
  • CPI3C3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini