Front desk officer atau lebih dikenal dengan receptionist adalah petugas Hotel yang bekerja di bawah Departemen front office(FO), dan merupakan cerminan dari kualitas pelayanan hotel karena front desk officer merupakan orang pertama yang bertemu dan berkomunikasi langsung dengan tamu. Pelatihan untuk front desk officer sangat diperlukan setiap hotel karna seorang front desk officer merupakan orang pertama yang akan dijumpai oleh tamu-tamu hotel, kesan pertama yang diberikan kepada tamu sangat penting karena menyangkut kredibilitas hotel dan citra hotel di mata tamu, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan sekali pelatihan front desk officer pun bisa dikatakan cukup mahal kisaran Rp. 6.500.000/orang, menurut hasil survei rekapitulasi tanggapan responden terhadap pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan karyawan front office di Hotel Furaya Kota Pekanbaru didapatkan hasil bahwa pelatihan front desk officer masih kurang di bagian tenaga pelatih, sarana, dan prasarana. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dikembangkanlah Front.O VR: sistem pelatihan hotel front desk officer berbasis realitas virtual, yang dapat memudahkan dan mengurangi biaya untuk melakukan pelatihan terhadap front desk officer yang ada di hotel tersebut.
Teknologi yang digunakan dalam pengembangan sistem ini menggunakan teknologi Virtual Reality untuk memvisualisaikan pelatihan front desk officer dan menggunakan speech recognition untuk dijadikan media berinteraksi di dalam sistem ini. Setiap kata atau kalimat yang diucapkan oleh pengguna nanti akan berpengaruh pada nilai yang akan diberikan oleh sistem.
Berdasarkan user testing yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem sudah cukup menggambarkan bagimana menjadi seorang front desk officer dan sudah cukup untuk menjadi media pembelajaran menjadi seorang front desk officer.