ABSTRAK
Usaha Clothing C59 mampu bertahan dari awal berdiri hingga saat ini. Selama puluhan tahun C59 dituntut untuk memberikan kualitas terbaik dalam melakukan produksi pakaian untuk pelanggan. C59 perlu melakukan perbaikan untuk meningkatkan penjualan sehingga dapat menaikan omset dan mensejahterakan pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat keberhasilan usaha C59 dilihat dari aspek Jaringan, Merek, Promosi, CSR, Karakteristik Wirausaha, Lokasi Usaha, dan Kemampuan Manajerial.
Didalam penelitian ini, penulis menggabungkan tiga teori sehingga terpilih tujuh faktor yang menjadi penentu dalam keberhasilan bisnis. Dari tujuh faktor yang telah dipilih tersebut akan diuji menggunakan identifikasi faktor sehingga menghasilkan faktor paling dominan.
Objek penelitian ini adalah pegawai C59 yang memiliki masa kerja lebih dari tiga tahun. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 85 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Analisis data ini menggunakan Confirmatory Faktor Analysis.
Hasil penelitian menyatakan bahwa skor total untuk Faktor keberhasilan usaha adalah 4565 atau 76,7%. Dengan demikian Faktor keberhasilan usaha berada pada kategori tinggi.
Faktor CSR lebih berpengaruh terhadap Keberhasilan usaha, oleh karenanya disarankan kepada Perusahaan C59 untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan produk dengan standar kelayakan yang baik.
Kata kunci: Wirausaha, Keberhasilan usaha, C59