Identitas menjadi hal yang penting untuk diaplikasikan kedalam oleh-oleh, selain untuk menarik minat pembeli, identitas yang ada di oleh-oleh juga dapat mengenalkan kebudayaan dan tempat wisata yang ada di daerah tersebut. Salah satu media yang tepat untuk diaplikasikannya suatu identitas pada oleh-oleh adalah berupa kemasan, adapun oleh-oleh khas Kabupaten Semarang yang dijual di Rest Area Tol Ungaran, Kabupaten Semarang ini berupa Kopi Banaran, Tomat Rasa Kurma, dan Enting-Enting Gepuk. Namun penjualan yang sudah dilakukan tersebut tidak menimbulkan hasil yang signifikan, salah satunya dikarenakan tidak adanya identitas yang melekat di berbagai oleh-oleh yang dijual di Rest Area Tol Ungaran Kabupaten Semarang tersebut, maka dari itu perancangan identitas dan kemasan dengan nama merek Klintang Klinting ini dibuat. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data yang meliputi observasi secara langsung dan studi pustaka, metode analisis yang digunakan adalah metode SWOT. Dengan adanya identitas Klintang Klinting yang diaplikasikan pada kemasan ini, maka diharapkan masyarakat tidak hanya membeli oleh-oleh sebagai cinderamata, namun juga mengenal kebudayaan dan tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang.
Kata kunci: Semarang, Kemasan, Identitas, Oleh-oleh