Salah satu hal yang menjadi persoalan di Indonesia adalah kecenderungan kenaikan harga pangan dan kebutuhan lain yang tidak setara dengan pendapatan yang diterima oleh para petani. Kesulitan petani dalam mengakses modal, teknologi pertanian, serta sedikitnya akses pasar untuk menjual membuat pendapatan yang diterima petani semakin rendah nilainya. Permasalahan besar para petani tersebut membuat pemerintah untuk membentuk suatu badan usaha yaitu PT. Mitra Bumdes Bersama (MBB). PT.MBB merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian atas dasar program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan dan keterjangkauan harga pangan. PT.MBB untuk sementara ini masih berstatus program ujicoba dan pada saat penelitian dilakukan telah beroperasi selama enam bulan. Agar dapat menjadi program nasional yang bermanfaat bagi petani, maka perlu dilakukan pemetaan dan evaluasi atas model bisnis yang ada saat ini. Penelitian ini bermaksud melakukan evaluasi atas model bisnis PT. MBB dengan menggunakan Business Model Canvas. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah memetakan model bisnis PT. MBB saat ini, membuat customer profile, melakukan analisis lingkungan bisnis dan melakukan analisis SWOT serta mengidentifikasi strategi yang diikuti dengan perancangan value proposition dan business model canvas yang baru. Hasil penelitian ini memunculkan ide produk dan jasa baru yang berupa layanan integrasi 4 siklus pertanian mulai dari pra-tanam, tanam, panen, dan pasca panen sehingga sebagian masalah pertanian dapat teratasi.
Kata kunci : business model canvas, analisis lingkungan bisnis, value proposition, SWOT, model bisnis, pertanian