Abstrak
Zomato merupakan sebuah situs dan aplikasi yang menyediakan ulasan tentang tempat wisata serta kuliner. Saat ini hasil dari riset yang dilakukan oleh Pho Chus Wright, 53% wisatawan membaca ulasan terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan di restoran. Namun penilaian pada Zomato kurang spesifik untuk mengetahui nilai aspek yang terdapat pada topik ulasan Zomato tersebut. Pada pengujian yang dilakukan pada studikasus ini OSPM (Ontology Supported Polarity Mining) ini diusulkan karena ontologi mendukung pendekatan penambangan polaritas (OSPM). OSPM dievaluasi dalam domain ulasan zomato menggunakan Teknik Supervised Learning yang didukung pendekatannya dengan Naïve Bayes classifier. Hasilnya sentiment yang didukung menggunakan Ontologi memiliki akurasi yang lebih tinggi sebesar 84.2% sedangkan yang tidak didukung penggunaan ontologi hanya sebesar 62.8%. Hasil akhir dari penelitian ini mengungkap bahwa pada pengujian yang dilakukan OSPM pada studi kasus ini sangat baik untuk digunakan.
Kata kunci : zomato, ontolgy, polarity mining, ontology supported polarity mining.