Penelitian yang berjudul “Berita Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Tanah Abang (Analisis Framing Pan & Kosicki Pada media republika.co.id dan kompas.com)” bertujuan untuk melihat bagaimana pemberitaan mengenai penataan PKL di Tanah Abang yang mengambil kebijakan untuk menutup Jalan Jatibaru yang dibingkai oleh dua media yaitu kompas.com dan republika.co.id ditinjau dari struktur sintaksis, tematik, skrip dan retoris. Teori yang penulis pakai pada penelitian ini adalah analisis framing Zhongdang Pan dan Kosicki. Metode penelitiannya adalah metode penelitian kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media daring kompas.com melakukan pembingkaian berita yang lebih memihak kepada masyarakat, pedagang, pengunjung pasar, dan supir angkutan umum. Hal ini terlihat dari isi berita yang disampaikan sesuai dengan pernyataan narasumber. Sedangkan pembingkaian berita yang dilakukan oleh media republika.co.id lebih menunjukan keberpihakan kepada pihak pemerintah selaku pihak yang memutuskan penutupan Jalan Jatibaru. Kesimpulan pada penelitian terlihat perbedaan yang cukup signifikan antara media kompas.com dan republika.co.id dalam membingkai berita mengenai penataan PKL di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat.
Kata Kunci: Berita, Media, PKL Tanah Abang, Konstruksi Media Massa