Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Acara Televisi pada Twitter dengan Retweet Analysis dan Naïve Bayes Classifier

TIARA FITRI BERLIAN

Informasi Dasar

68 kali
19.04.3092
006.754
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Twitter merupakan media komunikasi yang biasanya digunakan untuk mengutarakan pendapat atau komentar terhadap suatu produk, individu, tokoh ataupun acara televisi dan memberikan informasi. Informasi yang terdapat pada Twitter berupa pertanyaan, komentar atau opini yang bersifat positif maupun negatif. Dengan menggunakan komentar yang didapat dari Twitter dapat melengkapi penilaian acara televisi yang selama ini dilakukan menggunakan rating, di mana hal tersebut tidak dapat sepenuhnya dijadikan acuan dalam suatu penilaian terhadap suatu acara televisi. Analisis sentimen merupakan cabang penelitian dari text mining yang melakukan proses klasifikasi pada dokumen. Metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah Naïve Bayes Classifier dengan menambahkan retweet. Berdasarkan hasil pengujian, NBC dengan menambahkan retweet dapat diimplementasikan dalam menganalisis sentimen mengenai acara televisi dengan rata-rata akurasi yang mencapai 65%. Sedangkan rata-rata akurasi pada NBC tanpa retweet adalah 61%.

Subjek

Text mining
SOCIAL MEDIA,

Katalog

Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Acara Televisi pada Twitter dengan Retweet Analysis dan Naïve Bayes Classifier
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIARA FITRI BERLIAN
Perorangan
Anisa Herdiani, Widi Astuti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini