Segmentasi pasar pariwisata dianggap sebagai alat pemasaran yang penting untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif dalam bidang pariwisata. Studi ini menyelidiki tentang perbedaan dalam gaya hidup wisatawan domestic yang berpotensi mempengaruhi pemilihan tujuan liburan mereka. Penelitian ini menggunakan komponen segmentasi gaya hidup berdasarkan Activity, Interest, Opinion (A.I.O) untuk mengukur tipologi gaya hidup psikografis wisatawan domestic yang berkunjung ke Jogja. Analisis factor data mengidentifikasi 5 faktor gaya hidup, yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kluster. Analisis klaster mengungkapkan tiga jenis wisatawan domestic: Metropolis Culture Aspiring, Self-Quality Explore dan Aspiring Vactioners. Ketiga kelompok tersebut dibandingkan melalui Uji-Chisquare untuk analisis independen berdasarkan jenis serta profil demografi wisatawan domestic. Perbedaan signifikan ditemukan anatara tiga kelompok tersebut dalam jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, dan pekerjaan.
Kata Kunci: Tourism Segmentation, Psychographic Lifestyle, A.I.O, Cluster Analysis.