Saat ini ada beragam pelayanan pendidikan prasekolah yang diselenggarakan di Indonesia salah satu nya adalah Taman Kanak-kanak (TK). Adapun fakta di tahun 2016, kualitas pendidikan di Indonesia berada di peringkat ke 62 dari 69 negara. Banyak faktor dan masalah yang menyebabkan kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu diperbaiki. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, dibutuhkan sistem untuk membantu instansi terkait dalam pengolahan data pendidikan prasekolah di Indonesia khususnya Taman Kanak-kanak (TK) serta untuk melihat persebaran pendidikan prasekolah di Indonesia. Algoritma K-Means Clustering merupakan metode yang digunakan penulis dalam pengolahan data pendidikan prasekolah dalam mengelompokkan data pendidikan prasekolah khususnya Taman Kanak-kanak (TK) berdasarkan provinsi dengan menggunakan beberapa variabel data tertentu dan diimplementasikan dalam sistem berupa web menggunakan aplikasi R Shiny. Hasil dari sistem ini menampilkan pengelompokan data pendidikan prasekolah berdasarkan provinsi yang berdekatan dengan centroidnya dan analisis terhadap persebaran pendidikan prasekolah di Indonesia khususnya pendidikan taman kanak-kanak.
Kata kunci: k-means, pengelompokan data, pendidikan prasekolah, taman kanak- kanak (tk)