Sentiment Analisis untuk Review Hotel menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)

PUTRI APIPATUL ULYAH

Informasi Dasar

125 kali
19.04.3197
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hotel adalah salah satu produk pariwisata yang sangat penting, biasanya para wisatawan mencari hotel dengan cara mempertimbangkan baik dari segi pelayanan, fasilitas, maupun jarak tempuh dari wisata yang akan dikunjungi. Karena saat ini teknologi semakin berkembang, para wisatawan bisa memesan hotel melalui website. Oleh karena itu banyak ditemukan ulasan hotel di internet. Dengan tersedianya ulasan hotel di internet dengan jumlah yang besar, sehingga wisatawan tidak dapat memahami semua ulasan yang dibacanya apakah mengandung opini positif atau negatif. Sentiment Analisis dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini memberikan solusi dengan membuat klasifikasi ulasan positif dan negatif dengan menggunakan metode support vector machine dengan membandingkan feature selection chi-square dan TF-IDF, serta membandingkan penggunaan stemming dan tanpa stemming. Hasil percobaan terbaik yang didapatkan adalah menggunakan feature selection TF-IDF dengan 10 fold cross validation menghasilkan nilai akurasi 91,43%. Proses penggunaan tanpa stemming pada Chi-Square dengan 10 fold cross validation menghasilkan nilai akurasi 89,38%, sedangkan penggunaan tanpa stemming pada TF-IDF dengan 10 fold cross validation menghasilkan nilai akurasi 88,5%.

Subjek

Text mining
 

Katalog

Sentiment Analisis untuk Review Hotel menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI APIPATUL ULYAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini