Pengembangan perangkat lunak dalam Virtual Reality telah mengalami peningkatan popularitas yang sangat besar berkat adanya Oculus Rift Development Kit, terutama untuk aplikasi permainan. Untuk mendukung implementasi pembuatan permainannya didukung oleh Unity3D. Unity3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform dan merupakan sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat permainan, arsitektur bangunan dan simulasi terutama digunakan untuk mengembangkan video game 2D dan 3D. Meskipun demikian, sebagai salah satu alternatif untuk meringankan proses realisasi lingkungan permainan, mekanisme semi-auto dari Procedural Content Generation (PCG) dapat dipergunakan.
PCG membutuhkan algorima lain sebagai dasaran dan mekanisme pemroses, yang mana pada penelitian ini akan menggunakan Linear Congruential Generator (LCG) sebagai dasaran bagi PCG. Linear Congruential Generator (LCG) adalah generator nomor pseudo-random yang paling umum digunakan. Karakteristik LCG yang cenderung memberikan nilai optimal dan semi acak, membuat LCG sesuai untuk menghasilkan lingkungan permainan yang seakan-akan alami dan terikat dengan plot. Pada akhir dari penelitian ini akan dihasilkan mekanisme yang dapat digunakan untuk menghasilkan lingkungan permainan Virtual Reality archery.
Pada Tugas Akhir ini, Saya akan mengimplementasikan sebuah aset environment atau area dari Gedung N Fakultas Teknik Elektro dari setiap ruangan yang ada di gedung N sebagai pengacakan enviorement untuk area yang berbeda dengan menggunakan algoritma Linear Congruential Network untuk enviorement yang nantinya akan dijadikan permainan Virtual Reality menggunakan Software Development Kit (SDK) Unity 3D Free dan sebagai pembelajaran dan permainan untuk mengasah kemampuan memanah dan sebagai hiburan.
Kata kunci: Virtual Reality, Unity3D, Procedural Content Generation (PCG), Linear Congruential Generator (LCG).