PERBANDINGAN ALGORITMA PENCARIAN JALUR TIME BOUNDED A* DAN ALGORITMA A* PADA NPC PERMAINAN MAZE CHASE

FAHRYANDI HERLASMARA PUTRA

Informasi Dasar

77 kali
19.04.3264
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penerapan kecerdasan buatan di dalam permainan komputer mengalami peningkatan pada beberapa tahun terakhir. Permainan Maze Chase merupakan permainan yang berlatar labirin. Tujuan dari permainan ini adalah pemain harus mengambil semua poin yang ada dalam labirin. Di dalam labirin terdapat empat buah Non-Playable Character (NPC) yang bergerak untuk mengejar pemain. Algoritma shortest path atau jalur terpendek diterapkan pada NPC agar dapat menentukan jalur terpendek dari posisi NPC saat ini menuju posisi pemain. Pada penelitian ini penulis akan membandingkan tingkat optimalitas pengambilan jalur pada algoritma A* dan algoritma Time-Bounded A* dan lamanya waktu yang dibutuhkan dalam pemilihan jalur terpendek. Dengan implementasi algoritma A* dan algoritma TBA* pada NPC permainan Maze Chase, penulis mendapati bahwa algoritma A* memiliki waktu tempuh yang lebih cepat 17,28% bila dibandingkan dengan algoritma TBA*, sedangkan algoritma TBA* melakukan ekspansi node 51,95% lebih sedikit dibandingkan dengan algoritma A*.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

PERBANDINGAN ALGORITMA PENCARIAN JALUR TIME BOUNDED A* DAN ALGORITMA A* PADA NPC PERMAINAN MAZE CHASE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAHRYANDI HERLASMARA PUTRA
Perorangan
Surya Michrandi Nasution, Ratna Astuti Nugrahaeni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CEH3I3 - KECERDASAN BUATAN B

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini