Budaya di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Namun, keterkaitan perhiasan dengan simbol-simbol budaya mengalami pergeseran karena banyaknya budaya asing yang masuk sebagai bagian dari efek globalisasi. Dengan menjadikan Kujang sebagai inspirasi rancangan desain cincin pernikahan merupakan strategi untuk meningkatkan nilai budaya dalam dunia desain produk. Target pengguna dari produk ini adalah para pemuda-pemudi yang gemar menggunakan perhiasan dalam kesehariannya. Perancangan ini menggunakan metode observasi kualitatif dengan mengumpulkan studi literatur mengenai perhiasan dan simbol budaya Sunda, melakukan pengamatan pada bentuk senjata Kujang Sunda, dan studi kasus pada pernikahan Sunda di Purwakarta. Selanjutnya, data yang dikumpulkan kemudian dikembangkan dengan analisis deskriptif untuk menghasilkan rancangan desain yang diinginkan. Hasil akhir dari produk ini yaitu dapat meningkatkan nilai-nilai budaya sunda melewati produk perhiasan yang digunakan sehari-hari sekaligus memperkenalkan kujang tidak hanya dalam bentuk senjata melainkan dalam produk perhiasan.
Kata kunci; Budaya Sunda, Kujang, Perhiasan, Cincin Pernikahan