Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

DINA SHAFARINA DWIASTUTI

Informasi Dasar

19.04.3313
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan. Meningkatnya nilai perusahaan bagi perusahaan sangat penting, karena dengan tingginya nilai suatu perusahaan berarti kinerja perusahaan dinilai baik oleh investor dan pihak luar yang berkepentingan. Sehingga perusahaan dinilai mampu untuk mensejahterakan para pemegang saham dan menarik investor untuk menanamkan modalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan (SIZE), kebijakan hutang (DER), dan profitabilitas (ROA) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q) pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan dan laporan tahunan. Laporan keuangan dan laporan tahunan tersebut diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 39 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun, sehingga diperoleh 195 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ukuran perusahaan (SIZE), kebijakan hutang (DER), dan profitabilitas (ROA) berpegaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Secara parsial ukuran perusahaan (SIZE) tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Kebijakan hutang (DER) tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas (ROA) berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, jika perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia berusaha untuk meningkatkan nilai perusahaan, maka perusahaan perlu memperhatikan profitabilitas (ROA) dikarenakan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Perusahaan disarankan agar tetap mengelola asetnya dengan efektif sehingga dapat mempertahankan labanya untuk meningkatkan nilai perusahaan agar baik dimata investor.

Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINA SHAFARINA DWIASTUTI
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  SKRIPSI 27 June, 2022
username –
sangat membantu untuk paduan pembuatan skripsi
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini