UD.ABI perusahaan industri yang bergerak dalam pembuatan produk tanaman kelapa menjadi arang tempurung, berada di provinsi Banten kota Serang, UD.ABI mempunyai permasalahan dibagian internal dimana dengan kapasitas produk tidak bisa memaksimalkan penjualan sisa produk untuk dipasarkan kepada kosumen terkendala dengan kualitas dan harga. permasalah bagian eksternal perusahaan UD.ABI, terdapat permasalahan dibagian pemasaran produk tidak terlalu luas dikarenakan masih terlalu fokus terhadap satu perusahaan yang berada kota Semarang yang terjadi pemasaran tidak luas. sehingga promosi terhadap produk tidak luas untuk konsumen. Maka sulit untuk dapat bersaing terhadap kompetitor.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskritif. Dalam mengumpulakan data, penelitian menggunakan metode wawancara dan kuisioner. Wawancara dan kuisioner yang dilakukan kepada narasumber yang sudah dipilih dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa UD.ABI sudah memiliki kondisi eksisting yang dimiliki perusahaan sesuai dengan 9 elemem business model canvas sudah lengkap, contoh dibidang value proposition memiliki kualitas produk terbakar 70%-90% dan bahan baku terpilih, customer relationship dengan cara pemesanan produk melalui media social yaitu facebook dan whatsapp.
Hasil penelitian UD.ABI memerlukan penambahan, dari kondisi eksisting terhadap kondisi yang sudah dirancangan model usulan ada penambahan dan penetapan yang dirancang 9 elemen business model canvas ialah value propostion penambahan pada inovasi produk jadi menjadi olahan briket dan karbon aktif. Analisis SWOT tehadap 4 bidang utama model bisnis, yaitu proposisi nilai, infrastruktur, biaya dan pendapatan, serta hubungan dengan pelanggan, dari analisis SWOT menghasilkan sebuah peluang pada bagian proposi nilai untuk mengambangkan sebuah produk yang telah diverifikasi, biaya dan pendapatan melakukan cross selling, infraksturtur melakukan perencanaan SOP. yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh UD.ABI
Kata Kunci : Value Proposition Canvas, Business Model Canvas , SWOT dan Model Bisnis.