Dalam dunia pendidikan, data evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM) memegang peranan penting, yaitu untuk meningkatkan kualitas mengajar dosen. Pada umumnya, data EDOM terdiri atas dua jenis, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif mudah untuk dianalisis menggunakan perhitungan statistika, karena berisi pertanyaan tertutup dengan jawaban pilihan ganda. Sedangkan data kualitatif sulit dianalisis, karena berisi pertanyaan terbuka dengan jawaban esai. Dosen bisa saja melakukan analisis manual terhadap data kualitatif, namun akan memakan waktu yang lama dan hasilnya bisa sangat subjektif. Untuk mengatasi masalah ini, analisis sentimen diterapkan untuk menganalisis data tekstual secara otomatis agar meningkatkan evaluasi mengajar dosen. Penelitian ini menggunakan data EDOM sebagai dataset, dan pendekatan lexicon dengan InSet Lexicon. Penelitian ini membandingkan penggunaan lexicon dengan range value -5 sampai +5 dan -1 sampai +1. Dari hasil pengujian penelitian ini, didapatkan hasil bahwa analisis sentimen data EDOM menggunakan InSet Lexicon dengan range value lexicon -5 sampai +5 lebih baik dibanding range value -1 sampai +1, untuk di level dokumen dan level kalimat.