ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP KASUS KAMPANYE DUKUNG RUU PKS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

KHALISA VIRRA

Informasi Dasar

149 kali
19.04.3451
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era digitalisasi ini memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam menyampaikan ide, pendapat hingga melakukan kampanye. Salah satu contoh nyata adalah mengenai adanya Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dengan tujuan menciptakan paradigma baru yang menjamin masyarakat bebas dari kekerasan seksual. Rancangan yang digagas oleh Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan atau yang dikenal dengan Komnas Perempuan ini berhasil menjadi perbincangan oleh pengguna media sosial. Twitter merupakan salah satu media sosial yang menjadi sarana dalam penyampaian pendapat masyarakat mengenai hal tersebut. Salah satu pemanfaatan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan komentar atau tweets pengguna Twitter terhadap adanya Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dengan melakukan analisis sentimen. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data. Data yang telah dikumpulkan akan melalui tahap preprocessing, ekstraksi fitur menggunakan empat jenis vector creation dari tools RapidMiner, processing yang akan menghasilkan data dalam kategori positif, negatif dan netral kemudian dilakukan pengujian dengan menggunakan confession matrix. Pengujian ini menghasilkan akurasi sebesar 83,54% menggunakan TF-IDF dengan nilai recall 55,84%, presisi 76,58% dan f1-measure 59,42%, sedangkan menggunakan Term Frequency, Term Occurrences, Binary Term Occurrences menghasilkan akurasi sebesar 82,72 dengan nilai recall 53,25%, presisi 68,39% dan f1-measure 55,99%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) berpengaruh terhadap sentimen publik.

Kata Kunci: Media Sosial, Twitter, Analisis Sentimen, Algoritma Naive Bayes

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP KASUS KAMPANYE DUKUNG RUU PKS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHALISA VIRRA
Perorangan
Rachmadita Andreswari, Muhammad Azani Hasibuan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4N3 - PENGGALIAN DATA DAN ANALITIKA BISNIS
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini