Pariwisata adalah perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain untuk menikmati udara segar dan menghibur diri. Yogyakarta menjadi salah satu destinasi pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pengalaman berpariwisata di Yogyakarta dapat diulas pada suatu website yaitu TripAdvisor. Banyaknya ulasan dari wisatawan mengenai destinasi pariwisata di Yogyakarta membuat sebagian orang merasa kebingungan dalam menentukan destinasi pariwisata yang akan dikunjungi. Oleh karena itu, pada penelitian ini melakukan analisis terhadap ulasan pada destinasi pariwisata di Yogyakarta. Analisis yang dilakukan berbasis aspek untuk menentukan aspek kategori pariwisata berdasarkan ulasan wisatawan yang dituliskan pada situs web TripAdvisor. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dilakukan analisis ulasan kedalam kategori positif dan negatif dengan metode Support Vector Machine dan Particle Swarm Optimization yang digunakan untuk mengurangi fitur pada saat klasifikasi. Multi-aspect sentiment analysis pada penelitian ini menghasilkan 6 aspek dimana aspek daya tarik memperoleh akurasi 80,68%, aksesbilitas 51,80%, akomodasi 73,68%, harga 86,24%, sarana dan prasarana 74,60%, dan pelayanan 83,97%. Sehingga diperoleh rata-rata akurasi sebesar 75,16%.