Kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan banyak, memungkinkan perkembangan bisnis ritel yang pesat. Dengan banyak perusahaan ritel, maka konsumen akan semakin selektif dalam memilih tempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tipe dalam bisnis ritel salah satunya adalah minimarket, dimana minimarket menarik para konsumen pada basis harga yang murah.
Mini swalayan (minimarket) adalah sarana/tempat usaha untuk melakukan penjualan barang-barang kebutuhan sehari-hari secara eceran langsung kepada konsumen. Dengan jumlah produk yang cukup banyak, minimarket selalu menata produk mereka di dalam rak atau tempat makanan maupun minuman. Hal tersebut membuat banyak konsumen yang bingung untuk mencari lokasi produk atau barang yang ingin mereka beli.
Dengan adanya permasalahan tersebut maka dikembangkanlah sebuah aplikasi pencarian produk di minimarket berbasis augmented reality, untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung toko dalam menemukan barang atau produk yang akan dibeli dengan menggunakan marker dan peta toko yang diimplementasikan pada kamera smartphone.
Kata kunci: Augmented Reality, minimarket, lokasi produk.