Analisis Sentimen Produk Telekomunikasi di Media Social Menggunakan Metode Random Forest

MUHAMMAD RIZKI ADI WIBOWO

Informasi Dasar

122 kali
19.04.3522
006.33
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Produk telekomunikasi kian hari kian meningkat, banyak perusahaan telekomunikasi yang menggunakan media sosial seperti twitter untuk mempromosikan produk baru mereka, memantau persaingan antar produk dari perusahaan telekomunikasi lainnya, memantau kepuasan pelanggan terhadap produk yang mereka luncurkan. Proses yang digunakan untuk melakukan review kepuasan pelanggan yang ada di media sosial yaitu dengan cara analisis sentimen. Pada tugas akhir ini akan di rancang sebuah sistem analisis sentimen untuk melakukan review produk telekomunikasi yang mengambil ulasan dari media sosial. Metode yang akan digunakan pada sistem ini adalah metode random forest untuk melakukan klasifikasi ulasan yang ada di media sosial yang di tulis oleh para konsumen sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mempermudah perusahaan telekomunikasi dalam menilai produk yang mereka keluarkan dengan cara mengambil data kepuasan para pelanggan di media sosial, adapun tujuan di bangun sistem ini untuk mengetahui pengaruh parameter terbaik yang ada di random forest dan juga mengetahui pengaruh pre-proseccing terhadap metode random forest. Hasil terbaik pada penelitian ini mendapatkan skor akurasi sebesar 93,5 % dan f-measure sebesar 85,6%

Subjek

SOCIAL MEDIA-MASS MEDIA
 

Katalog

Analisis Sentimen Produk Telekomunikasi di Media Social Menggunakan Metode Random Forest
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZKI ADI WIBOWO
Perorangan
Yuliant Sibaroni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini