Troli buku perpustakaan Universitas Telkom merupakan alat untuk membantu kegiatan pengembalian buku terhadap pengunjung dan proses penataan buku oleh pustakawan atau shelving. Masih banyak keluhan pengunjung perpustakaan Universitas Telkom terhadap lingkungan perpustakaan yang kurang rapih serta ketidaksesuaian antara keterangan ketersediaan buku di website dengan kenyataan di rak buku. Selain itu terdapat keluhan berasal dari pustakawan akan budaya pengunjung yang masih belum tertib dalam proses pengembalian buku serta troli buku saat ini yang sulit dikendalikan dan kapasitas yang relatif kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain troli buku perpustakaan Universitas Telkom yang sesuai dengan keinginan pengguna dengan menggunakan metode User Centered Design sebagai konsep untuk menentukan desain parameter troli buku perpustakaan Universitas Telkom. Survei dilakukan untuk mengidentifikasi kriteria pengguna dan penggunaan analisis statistik untuk menguji hipotesis yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah desain parameter troli buku perpustakaan Universitas Telkom yang dapat mewakili keinginan pengguna serta troli buku yang dapat menjadi desain yang Efektif, Aman, Sehat, Nyaman, dan Efisien (EASNE).
Kata Kunci : User Centered Design, Troli buku perpustakaan Universitas Telkom, Efektif, Aman, Sehat, Nyaman, Efisien