Klasifikasi Opini pada Ulasan Produk dengan Menerapkan Polaritas Produk

ILMA CHAEROH

Informasi Dasar

65 kali
19.04.3593
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ulasan suatu produk dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli atau tidak membeli produk tersebut sehingga konsumen harus mengklasifikasikan ulasan yang positif dan negatif. Namun, karena jumlah ulasan yang tidak sedikit, maka konsumen membutuhkan waktu yang lama dalam mengklasifikasikan opini dan mencari tahu fitur apa saja yang menjadi daya tarik konsumen sebelumnya dalam mengambil keputusan. Sehingga melalui penelitian ini, dilakukan pembangunan model pengklasifikasian otomatis menggunakan metode supervised learning atau pembelajaran dengan guru yaitu Support Vector Machine dengan inputan berupa ulasan produk yang telah memiliki label sehingga jika ada data baru yang belum memiliki label dapat belajar dari data yang telah memiliki label. Model ini juga menerapkan polaritas produk dengan cara mengekstraksi fitur eksplisit dan implisit pada ulasan. Model klasifikasi ini menghasilkan performa yang baik yaitu sebesar 93,42%.

Kata kunci : ulasan, klasifikasi, polaritas produk, support vector machine

Subjek

Text mining
 

Katalog

Klasifikasi Opini pada Ulasan Produk dengan Menerapkan Polaritas Produk
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILMA CHAEROH
Perorangan
Yuliant Sibaroni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini