Analisis Sentimen Review Game pada Steam Menggunakan Metode Support Vector Machine dengan Information Gain

FAISHAL WAFI NURWARIZ

Informasi Dasar

256 kali
19.04.3599
006.701 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game merupakan hiburan yang disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, pria sampai wanita. Tidak semua game bisa di akses oleh setiap orang, contohnya game berbayar yang hanya bisa dimainkan jika kita membeli game tersebut. Sebelum membeli game, tentunya pemain akan melihat ulasan mengenai game tersebut, apakah game tersebut layak di beli atau tidak. Ulasan tersebut lah yang akan di olah dengan Analisis Sentimen. Tujuan tugas akhir ini yaitu untuk memberikan informasi sentimen ulasan ymengenai game-game yang ada di Steam. Informasi yang diberikan berupa klasifikasi sentimen positif dan negatif. Pada penelitian ini sistem menggunakan metode klasifikasi Support Vector Machine dan seleksi fitur Information Gain. Sistem yang menggunakan Support Vector Machine dengan Information Gain menghasilkan nilai rata-rata sebesar 79.32% dan Support Vector Machine tanpa Information Gain menghasilkan nilai rata-rata sebesar 65.92%. Kernel Support Vector Machine yang menghasilkan akurasi paling baik yaitu kernel linear dengan akurasi sebesar 79.32%.

Subjek

DATA ANALYSIS
 

Katalog

Analisis Sentimen Review Game pada Steam Menggunakan Metode Support Vector Machine dengan Information Gain
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAISHAL WAFI NURWARIZ
Perorangan
Yuliant Sibaroni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini