Opinion Mining pada Product Features untuk Market Research (Studi Kasus Sony, HTC, dan LG Smartphone)

RAFI INDRAJATI

Informasi Dasar

60 kali
19.04.3621
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Opinion Mining pada penlitian kali ini digunakan untuk menyederhanakan penelitian secara kualitatif untuk melakukan Market Research dan menganalisa suatu ulasan produk yang ada pada smartphone yang memiliki penjualan yang rendah. Turunnya penjualan produk terdapat pada brand Sony, HTC, dan LG. Dalam penelitian kali ini Market Research menggunakan Opinion Mining pada product features dapat mengidentifikasi fitur produk yang memilki nilai positif negatif dan netral. Diawali dari preprocessing, feature extraction, dan opinion summarization. Pengujian yang dilakukan pada sistem ini menghasilkan akurasi hingga 60% dan precission hingga 100% yang menandakan sistem sudah cukup baik untuk mengidentifikasi fitur pada ulasan yang ada pada penelitian ini.

Kata kunci : Opinion Mining, Market Research, Preprocessing, Feature extraction, Opinion Summarization

Subjek

Text mining
 

Katalog

Opinion Mining pada Product Features untuk Market Research (Studi Kasus Sony, HTC, dan LG Smartphone)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFI INDRAJATI
Perorangan
Ibnu Asror, Yusza Reditya Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini