Perkembangan teknologi membuat masyarakat tradisional bertransformasi
menjadi masyarakat modern. Masyarakat mulai mengandalkan teknologi dan internet
untuk kehidupan sehari-hari. Dengan Internet, dunia Bisnis digital juga mulai
berkembang pesat, saat ini industri travel di Indonesia juga berkembang sangat pesat.
Pertumbuhan jasa online travel semakin marak bermunculan dan memiliki persaingan
yang sangat kompetitif. Dengan adanya persaingan tersebut, maka penelitian
positioning pada perceptual map produk dianggap penting untuk mengetahui seperti
apa persepsi yang memengaruhi pengguna dalam memilih situs reservasi online.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Perceptual Map yang
menggambarkan letak masing-masing produk terhadap atribut Website design, Service
and Information Quality, Customer Satisfaction, Reliability, Responsiveness, Security
and Trust berdasarkan persepsi konsumen.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada
385 responden yang pernah penggunakan Airy, Blibli, Pegipegi, Tiket.com, Traveloka.
Dengan membandingkan 5 merek situs reservasi online. Analisis yang dilakukan
dengan menggunakanTeknik analisis Multidimensional Scalling dan pengolahan data
menggunakan software SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan keseluruhan atribut,
konsumen mempersepsikan bahwa Pegipegi mendapatkan hasil terbaik dari semua
atribut. Kemudian, pada peringkat kedua disusul oleh Traveloka, peringkat ketiga
Tiket.com, peringkat keempat Airy dan pada peringkat kelima ditempati oleh Blibli.
Saran yang dapat diberikan kepada Pegipegi, Traveloka dan Tiket.com agar
dapat mempertahankan atau dapat meningkatkan keunggulan yang telah dimiliki.
Kemudian, saran untuk situs reservasi yang lain untuk meningkatkan kualitas
pelayanan pada atribut Website design, Service and Information Quality, Customer
Satisfaction, Reliability, Responsiveness, Security and Trust. Mengingat atribut
tersebut merupakan atribut yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan.
Kata kunci: Peta Persepsi, Situs Reservasi Online, Multidimensional Scalling