PT X merupakan perusahaan yang menyediakan jasa wadah untuk para catering dalam memasarkan produknya kepada konsumen. PT X juga menyediakan wadah berupa website yang digunakan untuk pemilik catering untuk memperkenalkan produknya ke konsumen. Selain itu PT X juga menyediakan jasa untuk mencarikan konsumen untuk para pemilik catering yang membutuhkan konsumen. Entitas yang tergabung dalam PT X ini meliputi konsumen, dan pemilik catering. Dengan kata lain PT X memudahkan pihak catering dan konsumen dalam pencarian catering yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan konsumen.
Sebagai ide bisnis baru ini, penelitian ini mengenai bagaimana pemodelan sistem dan analisis kelayakan usaha bisnis ini ditinjau dari aspek pasar, aspek teknis, dan aspek finansial, serta analisis sensitivitas untuk beberapa variabel yang terkait. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp 64.729.623, nilai IRR (Interest Rate of Return) sebesar 14,95%, dan PBP (Payback Period) selama 4 tahun 9 bulan. Berdasarkan nilai NPV (Net Present Value) yang diperoleh, bernilai positif dan nilai IRR (Interest Rate of Return) melebihi nilai MARR (Minimum Attaractive Rate of Return), yang memiliki nilai sebesar 9,95%, maka dapat disimpulkan bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan. Hasil dari analisis sensitivitas yaitu, bisnis ini sangat sensitif terhadap perubahan pendapatan, yang diakibatkan dengan jumlah pesanan catering yang tidak mencapai target.
Kata Kunci: Pemodelan Sistem, Analisis Kelayakan, NPV, IRR, PBP