Pariwisata merupakan sektor yang memiliki perkembangan yang cukup pesat. Pada saat ini banyak website yang memudahkan wisatawan untuk menyampaikan opini mereka terhadap tempat wisata. Ulasan ini sangat bermanfaat bagi pengelola untuk mengevaluasi tempat wisata. Namun ulasan yang terdapat pada website sangatlah banyak, sehingga sehingga pihak pengelola kesulitan untuk mengevaluasi tempat wisatanya. Oleh karena itu di buatlah sistem opinion mining untuk menentukan polaritas ulasan berdasarkan fitur pada website wisata di Indonesia. Ekstraksi fitur dilakukan dengan menyeleksi kata yang berupa NN (noun) dan jumlah kata yang paling banyak dijadikan fitur, pembobotan kata opini menggunakan sentiwordnet dan identifikasi orientasi kata opini di gunakan metode FURIA. Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui performansi sistem yaitu: precision, recall, akurasi, f1-Score. ketika sistem dibangun menggunkan proses stopword pada ekstraksi fitur dengan akurasi sebesar 85.7% dan orientasi polaritasnya dengan akurasi sebesar 86.06%.
Kata kunci : pariwisata, FURIA, fuzzy unordered rules induction algorithm, opinion mining, ekstraksi fitur, kata opini