Bermain Video Game merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang bagi anak-anak,remaja, hingga orang dewasa, baik dimainkan secara serius ataupun sekedar hiburan saja. Ketika bermain game kita akan merasa terhibur, senang, bahkan dapat menambah pengetahuan karena sebuah game biasanya dibuat dengan memasukan unsur ilmu, pengetahuan, dan fenomena yang ada di dunia seperti peristiwa sejarah. Namun segala sesuatu yang memiliki sisi positif pasti memiliki sisi negatifnya juga ketika tidak digunakan secara tidak benar, dalam video game kasusnya bermain hingga hilangnya control diri dalam diri seseorang di bulan Juni 2018 kemarin WHO (World Health Organization) menamakan dengan Gaming Disorder. Gaming Disorder merupakan merupakan kelainan psikis dimana penderitanya mengalami kecanduan akan suatu game, dengan memprioritaskan bermain game dibandingkan dengan kehidupan nyata dan aktivitas sehari-hari meskipun nanti penderita akan mengalami konsekuensi negatifnya. Konsekuensi negative tersebut salah satunya berdampak pada kesehatan yang menurun pada diri seorang pemain yang isunya baik di luar negeri maupun di Indonesia sudah terdapat beberapa orang yang meninggal akibat adiksi bermain game (Gaming Disorder) ini. Berdasarkan hal tersebut perancang akan membuat naskah dan storyboard yang nantinya dijadikan dalam bentuk media animasi 3D mengenai hal ini. Dengan menerapkan unsur story structure dan visual literacy sebagai landasan teori berdasarkan data yang sudah diperoleh dengan metode studi literatur, observasi media, dan wawancara kepada psikolog klinis dan psikolog anak, remaja.
Kata Kunci : Gaming Disorder, Kesehatan, Remaja, Naskah dan Storyboard