PEMBUATAN STORYBOARD DALAM PERANCANGAN ANIMASI 3D BERJUDUL “RYAN” TENTANG DAMPAK GAMING DISORDER

MAULA IHDALFARHI AULIANSYAH ADITHAMA

Informasi Dasar

95 kali
19.04.3810
791. 43
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bermain Video Game merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang bagi anak-anak,remaja, hingga orang dewasa, baik dimainkan secara serius ataupun sekedar hiburan saja. Ketika bermain game kita akan merasa terhibur, senang, bahkan dapat menambah pengetahuan karena sebuah game biasanya dibuat dengan memasukan unsur ilmu, pengetahuan, dan fenomena yang ada di dunia seperti peristiwa sejarah. Namun segala sesuatu yang memiliki sisi positif pasti memiliki sisi negatifnya juga ketika tidak digunakan secara tidak benar, dalam video game kasusnya bermain hingga hilangnya control diri dalam diri seseorang di bulan Juni 2018 kemarin WHO (World Health Organization) menamakan dengan Gaming Disorder. Gaming Disorder merupakan merupakan kelainan psikis dimana penderitanya mengalami kecanduan akan suatu game, dengan memprioritaskan bermain game dibandingkan dengan kehidupan nyata dan aktivitas sehari-hari meskipun nanti penderita akan mengalami konsekuensi negatifnya. Konsekuensi negative tersebut salah satunya berdampak pada kesehatan yang menurun pada diri seorang pemain yang isunya baik di luar negeri maupun di Indonesia sudah terdapat beberapa orang yang meninggal akibat adiksi bermain game (Gaming Disorder) ini. Berdasarkan hal tersebut perancang akan membuat naskah dan storyboard yang nantinya dijadikan dalam bentuk media animasi 3D mengenai hal ini. Dengan menerapkan unsur story structure dan visual literacy sebagai landasan teori berdasarkan data yang sudah diperoleh dengan metode studi literatur, observasi media, dan wawancara kepada psikolog klinis dan psikolog anak, remaja.

Kata Kunci : Gaming Disorder, Kesehatan, Remaja, Naskah dan Storyboard

Subjek

ANIMATION FILM
 

Katalog

PEMBUATAN STORYBOARD DALAM PERANCANGAN ANIMASI 3D BERJUDUL “RYAN” TENTANG DAMPAK GAMING DISORDER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAULA IHDALFARHI AULIANSYAH ADITHAMA
Perorangan
Zaini Ramdhan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • MUG3P3 - ANIMASI 3D
  • MUG2L2 - NASKAH DAN STORYBOARD
  • MDH2F3 - VISUAL STORY TELLING
  • DEI2M2 - VISUAL STORY TELLING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini