Opinion Mining Review E-commerce di Indonesia menggunakan Word Orientation Lexicon

FEBRIANA PUTRI WAHYUNI

Informasi Dasar

61 kali
19.04.3833
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Product review ialah opini seseorang terkait sutu produk yang disampaikan dan dikemas dalam bahasa tertulis. Tentunya reviewproduct dapat menyanjung suatu produk maupun menjatuhkan suatu produk, hal ini bergantung dengan pengalaman pengguna terhadap produk yang digunakan. Tujuan dari review produk ialah berbagi pengalaman serta sebagai penilaian atas suatu produk yang pernah digunakan. Opinion mining adalah analisis yang dilakukan pada opini dengan melihat sentimen, perilaku, atau emosi yang terdapat dalam suatu opini. Pada penelitian ini penulis akan menerapkan Opinion miningpada review aplikasi e-commerce dengan menggunakan metode lexicon-based untuk mengelompokkan review berdasarkan kelas sentimennya, yaitu positif atau negatif. Ekstraksi fitur menggunakan pattern knowledge feature, selanjutnya proses klasifikasi dilakukan menggunakan score-basedberdasarkan kamus sentiWordNet. Keluaran dari sistem berupa polaritas setiap review yang performansinya akan dihitung dengan akurasi, precision, recall, dan f-measure. Implementasi opinion mining tanpa proses stopword removal pada preprocessing menghasilkan nilai akurasi sebesar 50,6 %.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Opinion Mining Review E-commerce di Indonesia menggunakan Word Orientation Lexicon
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRIANA PUTRI WAHYUNI
Perorangan
Ibnu Asror, Yusza Reditya Murti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini