Product review ialah opini seseorang terkait sutu produk yang disampaikan dan dikemas dalam bahasa tertulis. Tentunya reviewproduct dapat menyanjung suatu produk maupun menjatuhkan suatu produk, hal ini bergantung dengan pengalaman pengguna terhadap produk yang digunakan. Tujuan dari review produk ialah berbagi pengalaman serta sebagai penilaian atas suatu produk yang pernah digunakan. Opinion mining adalah analisis yang dilakukan pada opini dengan melihat sentimen, perilaku, atau emosi yang terdapat dalam suatu opini.
Pada penelitian ini penulis akan menerapkan Opinion miningpada review aplikasi e-commerce dengan menggunakan metode lexicon-based untuk mengelompokkan review berdasarkan kelas sentimennya, yaitu positif atau negatif. Ekstraksi fitur menggunakan pattern knowledge feature, selanjutnya proses klasifikasi dilakukan menggunakan score-basedberdasarkan kamus sentiWordNet. Keluaran dari sistem berupa polaritas setiap review yang performansinya akan dihitung dengan akurasi, precision, recall, dan f-measure. Implementasi opinion mining tanpa proses stopword removal pada preprocessing menghasilkan nilai akurasi sebesar 50,6 %.