Aspect Based Sentiment Analysis Terhadap Ulasan Hotel Berbahasa Indonesia

SENDY PRAYOGO

Informasi Dasar

152 kali
19.04.3839
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ulasan produk adalah penilaian yang diberikan oleh pembeli untuk produk baik berupa barang atau jasa yang dijual kepada pembeli. Ulasan produk dapat memberikan manfaat yang besar baik bagi pembeli maupun penjual. Oleh karena itu, hampir di setiap layanan jual beli barang atau jasa, menyediakan fitur ulasan produk. Hal ini menyebabkan ulasan produk menjadi beragam dengan jumlah data yang tidak sedikit sehingga proses menganalisa ulasan menjadi semakin sulit. Maka dari itu dibutuhkan proses ekstraksi informasi dari opini yang diberikan oleh konsumen untuk menghasilkan output berupa hal positif atau negatif untuk suatu barang atau jasa agar mempermudah konsumen dalam menentukan pilihan untuk barang atau jasa. Untuk mengekstrak informasi dari opini, dilakukan pengelolaan data dengan analisis sentimen. Pada penelitian ini dilakukan analisis sentimen terhadap ulasan produk berdasarkan pada aspek dari produk tersebut. Pada penelitian ini dilakukan dalam enam tahapan yaitu proses web scrapping, proses preprocessing, proses seleksi fitur dengan uji statistik Chi Square, training data, proses analisis sentiment dan klasifikasi aspek untuk mengetahui aspek yang dibahas dalam sebuah opini dan kecenderungan sentimennya dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Berdasarkan hasil evaluasi, diketahui bahwa sistem mampu melakukan proses analisis sentimen berdasarkan aspek dengan nilai F1-Measure terbaik sebesar 70% dan nilai Akurasi 70%.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Aspect Based Sentiment Analysis Terhadap Ulasan Hotel Berbahasa Indonesia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SENDY PRAYOGO
Perorangan
Yuliant Sibaroni
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini