Industri kerajinan saat ini merupakan salah satu subsektor yang berpengaruh dalam lingkup ekonomi kreatif. Salah satu usaha kerajinan yang mengangkat tema kebudayaan lokal adalah usaha Tas Sutera Makassar. Usaha ini memanfaatkan sentuhan kain tenun sutera Bugis-Makassar yang berasal dari Kota Sengkang sebagai ciri khas produknya. Namun melihat belum kuatnya identitas yang menunjukkan citra perusahaan serta belum optimalnya promosi yang dilakukan mengakibatkan usaha ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Metode penelitian yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah metode pengamatan visual, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Analisis datamenggunakan metode analisis matriks perbandingan dan SWOT. Perancangan dari hasil penelitian ini difokuskan untuk membuat identitas yang menunjukkan citra perusahaan yang kemudian diimplementasikan ke dalam stationery set, poster, brosur, x-banner, e-poster sosial media, katalog, kemasan, papan nama, website dan merchandise.
Kata Kunci: Usaha kerajinan, Tas Sutera Makassar, Kain Tenun Sutera, Identitas Visual, Media Promosi