**Zomato
merupakan salah satu situs referensi pada bidang kuliner. Terdapat ribuan restoran
yang berada di Bandung, salah satunya di daerah Dago terdapat kurang lebih 4.210
restoran. Masing-masing restoran pada umumnya memiliki kurang lebih 100 ulasan,
sehingga pengguna harus membaca satu persatu ulasan agar dapat melakukan
penilaian terhadap ulasan yang ada pada restoran tersebut. Hal ini tentu
membutuhkan waktu yang lama, sehingga tidak semua ulasan dapat dibaca oleh
pengguna Zomato. Solusi yang diberikan adalah dengan melakukan analisis
sentimen dengan menggunakan metode _Naïve
Bayes Classifier. _Sistem ini mampu mengolah data ulasan yang ada di situs
zomato dan melakukan klasifikasi berdasarkan setiap ulasannya. Hasil dari
penelitian ini ialah sistem telah melakukan analisis sentiment untuk setiap
ulasan dengan akurasi klasifikasi sebesar 80,0%. **
Kata kunci : ****Klasifikasi, ****analisis
sentimen, ****Naive Bayes Classifier