OPTIMASI CRASHWORTHINESS DESAIN GEOMETRI STRUKTUR TABUNG BERDINDING TIPIS PADA CRASH TUBE DI UTILITY TASK VEHICLE DENGAN RESPONSE SURFACE METHOD

RAIHAN MUHAMMAD FAIZAL

Informasi Dasar

77 kali
19.04.3951
607.427
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Permintaan yang tinggi untuk memastikan standar keselamatan dalam kendaraan mengarah pada penelitian berkelanjutan dalam mekanisme peredam energi tumbukan untuk melindungi penumpang di dalam kendaraan. Struktur tabung dinding tipis banyak digunakan dalam dunia engineering, khususnya dalam bidang otomotif untuk pengaplikasian crash tube sebagai penyerap energi. Bentuk geometri struktural pada tabung berdinding tipis merupakan hal yang paling berpengaruh dalam kelayakan crashworthiness, Banyaknya variabel untuk mendapatkan nilai dalam geometri struktural seperti bentuk profil penampang, lebar dan ketebalan membutuhkan banyak eksperimen untuk mendapatkan nilai yang optimal. Response Surface Methodology mampu memecahkan masalah dengan cara menggunakan model matematika. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengoptimalkan desain geometri struktural tabung berdinding tipis pada crash tube di Utility Task Vehcile untuk meningkatkan kapasitas penyerapan energi spesifik dalam rangka meningkatkan crashworthiness menggunakan pengembangan model RSM dibandingkan dengan studi kasus yang ada. Lebih jauh, hasil dari penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk pengembangan kapasitas industri customized vehicle pada sisi pengetahuan dan kemampuan desain dalam menghasilkan struktur rangka yang lebih aman ketika terjadi tumbukan. Hasil studi yang dilakukan berdasarkan aspek penyerapan energi spesifik untuk komponen crash tube pada UTV didapatkan hasil optimal yaitu tabung profil heksagonal dengan ketebalan 2.25 mm dan lebar 80 mm dapat meningkatkan kapasitas penyerapan energi spesifik sebesar 64,64% dari studi kasus.

Kata Kunci: Crashworthiness, Thin walled tube, Energy absorption, frontal crash, Metode Respon permukaan.

Subjek

Industrial engineering
 

Katalog

OPTIMASI CRASHWORTHINESS DESAIN GEOMETRI STRUKTUR TABUNG BERDINDING TIPIS PADA CRASH TUBE DI UTILITY TASK VEHICLE DENGAN RESPONSE SURFACE METHOD
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAIHAN MUHAMMAD FAIZAL
Perorangan
Rino Andias Anugraha, Teddy Sjafrizal
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini