Kerja merupakan aspek terpenting dalam hidup. Setiap orang menginginkan pekerjaan yang baik untuk kepuasan hidup. Untuk mendapatkan kerja yang baik maka diperlukan kematangan atau kesiapan diri untuk bekerja. Salah satu faktor kesiapan kerja adalah kecerdasan emosional.
Tuntunan akan kerja yang banyak menjadi salah satu bagian dari semua jenis pekerjaan terlebihnya lagi seorang perawat. Dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan membantu individu untuk menciptakan kondisi kerja yang baik sehingga menghasilkan prestasi kerja yang baik.
Penelitian ini dilakukan di STIKes Aisyiyah Bandung dengan kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan kesiapan kerja sebagai variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional dan kesiapan kerja pada mahasiswa D3 Keperawatan STIKes Aisyiyah Bandung. Selain itu untuk mengetahui pengaruh dari kecerdasan emosional dan kesiapan kerja pada mahasiswa D3 Keperawatan STIKes Aisyiyah Bandung.
Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa D3 Keperawatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tujuan penelitian deksriptif. Analisis data pada penelitian ini melalui analisis stattistik deskriptif, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelalsi, analisis regresi sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis Uji T. Berdasarkan hasil uji analisis data dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 27%.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan terhadap tenaga pendidik STIKes Aisyiyah dengan diadakannya program pelatihan kepemimpinan dan konseling untuk meningkatkan kemampuan memimpin dan meningkatkan kecerdasan emosi yang rendah serta diadakannya evaluasi pembelajaran praktik/lapangan kerja untuk meningkatkan kemampuan kerja.
Kata Kunci : Mahasiswa D3 Keperawatan, Kecerdasan Emosional, Kesiapan Kerja