Diketahui sebagai salah satu kota dengan pengguna smartphone terbanyak di
Indonesia menjadikan kota Bandung sebagai pasar yang baik bagi penjual smartphone
di Indonesia salah satunya Renan Store, toko online yang menjual smartphone iPhone.
Renan Store menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran dan penjualannya,
dalam perkembangannya terdapat pernyataan-pernyataan negatif yang beretar di
media online berkaitan dengan Renan Store. Sehingga bagaimana pernyataan negatif
(e-WoM) dapat berpengaruh terhadap Purchase Intention konsumen yang di mediasi
Trust.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis
penelitian analisis deskriptif dan kausal. Jenis data yang dibutuhkan untuk penelitian
ini adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel dilakukan dengan
metode non-probability sampling jenis purposive sampling. Sampel dalam penelitian
ini sebanyak 400 responden yang tinggal atau menetap di Kota Bandung, yang
mengetahui, dan mem-Follow akun Renan Store di Instagram. Analisis data
menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square
(SEM-PLS) dan pengolahan data menggunakan software SmartPLS versi 3.2.8.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa variabel e-WoM, Trust,
dan Purchase Intention berpengaruh baik pada konsumen Renan Store, dari hasil uji
hipotesis diketahui e-WoM berpengaruh signifikan terhadap Trust, e-WoM
berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention, dan e-WoM berpengaruh
signifikan terhadap Purchase Intention yang di mediasi oleh Trust pada konsumen
Renan Store di kota Bandung.