FAKTOR-FAKTOR (MUSLIM-FRIENDLY AMENITIES AND LIFESTYLE DAN SERVICE QUALITY) YANG MEMPENGARUHI HALAL TRAVEL INTENTION KE INDONESIA

RAFIKA ISYA RASYID

Informasi Dasar

136 kali
19.04.4022
910.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kementerian Pariwisata membuat target untuk pengembangan wisata halal di Indonesia, salah satunya dengan menjadikan industri pariwisata halal atau pariwisata syariah sebagai sektor unggulan pariwisata di Indonesia. Pemilihan Pariwisata Halal sebagai sektor unggulan ini dikarenakan kondisi Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar mencapai 85% (Syahadah; 2017:1). Namun, peneliti dan praktisi sebelumnya yang telah melakukan penelitian mengenai destinasi wisata halal. Namun kurang memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Halal Travel Intention. Untuk menjembatani kesenjangan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Faktor-faktor (Muslim-friendly Amenities and Lifestyle dan Service Quality) terhadap Halal Travel Intention ke Indonesia. Teori penilitian ini menggunakan teori Muslim-friendly Amenities and Lifestyle, Service Quality dan Halal Travel Intention. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian berupa pendekatan korelasi studi deskiptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kuesioner dan studi kepustakaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability jenis purposive sampling. Jumlah responden sebanyak 100 responden. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 23. Metode analisis yang digunakan yaitu uji Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil Uji-F, diperoleh Fhtung = 54,240 > F¬¬tabel = 3,09, dengan nilai signifikansi 0,05. Maka, dapat disimpulkan faktor Muslim-friendly Amenities and Lifestyle dan Service Quality berpengaruh signifikan bersama-sama terhadap Halal Travel Intention. Berdasarkan hasil Uji-t variabel Muslim-friendly Amenities and Lifestyle (X1) memiliki nilai thitung = 0,522 < ttabel = 1.660 dan tingkat signifikansi 0,663 > 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh signifikan pada variabel Service Quality terhadap Halal Travel Intention ke Indonesia.

Kata Kunci: Pariwisata, Wisata Halal Indonesia, Muslim-friendly Amenities and Lifestyle, Service Quality, Halal Travel Intention

Subjek

TOURISM-INDONESIA
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR (MUSLIM-FRIENDLY AMENITIES AND LIFESTYLE DAN SERVICE QUALITY) YANG MEMPENGARUHI HALAL TRAVEL INTENTION KE INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFIKA ISYA RASYID
Perorangan
CITRA KUSUMA DEWI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini