Sistem Kontrol Kecepatan dan Sudut Kemudi Pada Robot Mobil Tanpa Pengemudi

RAFSANJANI

Informasi Dasar

100 kali
19.04.4050
629.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Self-driving car atau mobil tanpa pengemudi ini adalah sebuah sistem bukti dari pesatnya teknologi yang merambah ke dalam berbagai sektor salah satunya otomotif. Mobil yang memiliki kemampuan dapat berjalan secara otonom mengikuti lintasan tanpa menabrak dapat meningkatkan keamanan dan lebih efektif saat berkemudi. Untuk dapat mengikuti lintasan dan tidak menabrak, perlu adanya kontrol yang optimal untuk itu pada tugas akhir kali ini mengaplikasikan kontrol kecepatan dan kontrol arah kemudi pada robot mobil. Robot mobil merupakan sebuah prototipe dari sebuah kendaraan mobil yang konstruksinya mengadaptasi dari kendaraan mobil pada umumnya. Sistem yang dikontrol pada tugas akhir kali ini terbagi menjadi dua, yaitu kontrol sistem kecepatan dan kontrol sistem arah kemudi atau steering. Kontrol kecepatan berfungsi untuk mengatur kecepatan dan pergerakan robot mobil dengan mengatur nilai PWM pada motor DC. Sedangkan untuk kontrol kemudi menggunakan sistem ackerman steering dengan motor servo sebagai aktuatornya. Keduanya diatur menggunakan metode kontrol logika fuzzy tujuannya agar robot mobil dapat bergerak mengikuti lintasan yang ada dan menyesuaikan kecepatan berdasarkan lintasan dan lingkungan sekitarnya. Perancangan kontrol pada simulasi dan algoritma pemrograman sudah minim dari error dengan nilai error rata-rata pada hasil simulasi untuk sudut servo 0.771008 dan untuk kecepatan 0.392072. Sedangkan pada algoritma pemrograman nilai error rata-rata untuk sudut servo 0.149712 dan untuk PWM motor DC 0.198168. Robot mobil sudah sesuai dengan logika aturan fuzzy yang dibuat. Robot mobil sudah dapat mengeksekusi belokan dan mengikuti lintasan dengan tingkat keberhasilan 93,33%. Jarak penyimpangan robot mobil terhadap lintasan rata-rata 1,83 cm pada bagian dalam lintasan dan 0,03 cm pada bagian luar lintasan. Robot mobil sudah dapat menyesuaikan kecepatannya dan dapat berhenti ketika ada hambatan/lampu lalu lintas dengan jarak rata-rata 29,89 cm.

Kata Kunci : Self-driving car robot, kontrol kemudi, kontrol kecepatan.

Subjek

CONTROL SYSTEMS
 

Katalog

Sistem Kontrol Kecepatan dan Sudut Kemudi Pada Robot Mobil Tanpa Pengemudi
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFSANJANI
Perorangan
IG. Prasetya Dwi Wibawa, Cahyantari Ekaputri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
 
2019

Koleksi

Kompetensi

  • KUG1A3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • ETH3B3 - ANTARMUKA DAN INTEGRASI SISTEM
  • EL3213 - MEKATRONIKA
  • ETH4A3 - METODE PERANCANGAN TERSTRUKTUR
  • EL3113 - MIKROKONTROLER
  • FEH4A2 - PENYUSUNAN KARYA ILMIAH DAN PROPOSAL
  • FEH1I1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • EKG4C3 - SISTEM KENDALI CERDAS
  • ETH3C3 - SISTEM KENDALI DASAR
  • DPH1F4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • DPH1F4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • ISH1E3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN A
  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1H3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • DPH1B4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER
  • DCH1F4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN LANJUT
  • CCH1A4 - DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • CCH1A4 - DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • CCH1A4 - DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • ISH1F1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN A
  • FEH1I1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1I1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • FEH1I1 - PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN B
  • VSI1A4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER
  • VKI1E4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • VKI1J4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN LANJUT
  • VAI1A4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • TEI3E3 - SISTEM KENDALI DASAR
  • TEI4A2 - METODE PERANCANGAN TERSTRUKTUR
  • ILI2D3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini